Skip to main content

LATIHAN SOAL BAHASA INONESIA UN SMP


*      Membaca Nonsastra
Ø  Peserta didik dapat menentukan kata atau kalimat pada teks
1.      Cermati kalimat dibawah ini!
Beberapa bulan lagi murid kelas 9 akan menjalan UNBK yaitu ujian nasional berbasis komputer. Serangkain persiapan pun dijalani oleh murid kelas 9. Contohnya simulasi UNBK.
Makna dari kata bercetak miring tersebut adalah….
A.      Mencoba                                                   C. Memperagakan
B.      Menghitung                                               D. Mengantisipasi 
Ø  Peserta didik dapat menentukan informasi tersurat teks
2.      Bacalah teks dibawah ini!
Rokok adalah benda yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan dengan memberikan candu kepada orang yang menikmatinya. Rokok mempunyai rupa silinder dari kertas berukuran panjang, berisi daun tembakau yang telah di cacah. Rokok biasanya dijual disertai dengan pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan akibat merokok.

Informasi yang tersurat dari teks tersebut adalah…
B.      Orang yang kebiasaan merokok akan kecanduan dan susah berhenti
C.      Orang yang merokok akan selalu rileks dan nyaman
D.     Kebiasaan merokok dapat merugikan kesehatan
Ø  Peserta didik dapat menentukan bagian teks
3.      Bacalah Teks Deskripsi dibawah ini!
Tumbuhan ini tersusun dari buah (kelapa), batang, akar dan pelepah. Buah tumbuhan ini (kelapa) sendiri terdiri dari daging buah, kulit daging, tempurung buah, sabut, hingga kulir luar kelapa, selain itu kelapa juga mengandung air ditengah buahnya. Pohon ini dapat dengan mudah kita temukan pada negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Teks diatas merupakan teks deskripsi bagian…..
A.    Identifikasi                                    C. simpulan
B.     Deskripsi bagian                           D. Kesan
Ø  Peserta didik dapat menentukan ide pokok teks
4.      Cermati paragraf berikut!
Menjadi   filatelis   atau   pengumpul   prangko   sudah   dianggap   kuno.   Di   tengah kemajuan teknologi,  banyak  pilihan  untuk  menikmati  hobi  dan  hiburan.  Ada hobi game online, fashion, beternak, dll. Mengumpulkan  prangko  dan benda-benda pos lainnya agaknya mulai ditinggalkan orang.
Ide pokok bacaan di atas adalah ... .
A. hobi orang masa sekarang
C.  banyak  pilihan  untuk  menikmati  hobi  dan  hiburan
D.  jenis-jenis hobi
Ø  Peserta didik dapat menyimpulkan isi teks
5.      Bacalah paragraf berikut!
Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A. Penyakit tenggorokan disebabkan kebanyakan oleh virus.
B. Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat.
C. Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan.
D. Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon.       
Ø  Peserta didik dapat menyimpulkan pendapat pro  atau kontra dalam teks
6.      Cermati paragraf di bawah ini!
(1) Banyak sekolah melarang siswanya membawa telepon seluler ke sekolah. (2) Sebagian besar menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran. (3) Hal itu memang benar, ketika telepon berdering di kelas, maka kegiatan pembelajaran akan terganggu. (4) Meskipun begitu ada beberapa sekolah yang tidak sepakat dengan pernyataan tersebut.
Kalimat yang menyatakan pesetujuan pada teks tersebut adalah ....
A. (1)                                       C. (3)
B. (2)                                       D. (4)
Ø  Peserta didik dapat meringkas isi teks
7.      Perhatikan teks berikut!
Pemimpin adalah sosok yang menjadi panutan. Dia akan menentukan merah hitamnya wilayah yang dipimpinnya. Oleh karena itu, pemimpin yang baik sangat diperlukan.
Seorang pemimpin yang baik ditandai oleh dimilikinya jiwa kepemimpinan. Jiwa itu diwujudkan dalam sikap bijaksana, jujur, mengayomi, rela berkorban, dan tanpa pamrih.
Ringkasan teks tersebut adalah ...
A. Keberadaan sosok pimpinan baik sangat diperlukan.
B. Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan.
C. Pemimpin menentukan hitam merahnya wilayah yang dipimpin.
D. Jiwa pemimpin harus tampak dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Peserta didik dapat membandingkan penggunaan Bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
8.      Cermati teks dibawah ini!
Teks Berita 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks Berita 2
menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
A. teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
B. teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
C. teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
D. teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.
Ø  Peserta didik dapat menilai keunggulan atau kelemahan teks
9.      Bacalah kutipan reserensi berikut!
(1) Buku yang berjudul “Memahami film” karya Himawan mencoba untuk membantu penonton membaca sebuah film yang menjadi sebuah seni. (2)Dengan buku ini, pembaca dapat belajar mengenai motif atas pilihan sutradara.(3) Buku ini dapat memberi contoh dari semua unsur pembentukan film. (4) Tapi buku ini sulit untuk dicari.
Kekurangan buku ini terdapat pada nomer…..
A.    (1)                                                              C.(3)
B.     (2)                                                              D(4)
Ø  Peserta didik dapat mengomentari isi teks
10.  Bacalah teks dibawah ini!
Di suatu hutan yang lebat hidup berbagai binatang buas dan jinak. Ada kelinci, burung, kucing, capung, kupu-kupu, dan yang lainnya. Pada suatu hari hutan dilanda badai dahsyat. Angin yang bertiup sangat kencang menerpa pohon dan dedaunan.
“Krak” terdengar bunyi dahan-dahan patah. Banyak hewan yang tidak dapat menyelamatkan diri, kecuali semut berlindung di dalam tanah. Badai baru berhenti ketika pagi menjelang. Matahari kembali bersinar.

Tiba-tiba dari dalam tanah muncul seekor semut. Si semut berlindung dari badai karena ia bisa masuk ke sarangnya di dalam tanah. Ketika sedang berjalan, ia melihat seekor kepompong yang tergeletak di dahan yang patah. “Hmm, alangkah tidak enaknya menjadi kepompong, terkurung dan tidak bisa ke mana-mana,” kata semut.

Komentar terhadap isi teks tersebut yang tepat adalah ...
A. Kelinci, burung, dan kucing celaka karena kecerobohannya.
B. Semut binatang kecil yang berkekuaran luar biasa.
C. Kepompong binatang malang yang bernasib sial.
*      Membaca sastra
Ø  Peserta didik dapat menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
11.  Bacalah teks berikut!
Biasanya saya memulai perjalanan dengan jalan tikus. Saya tidak melewati jalan yang sebenarnya. Makna kata yang bercetak miring pada teks di atas adalah ...
B. jalan raya atau jalan besar
C. jalan persembunyian tikus
D. tempat tikus berjalan
Ø  Peserta didik dapat menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
12.  Bacalah kutipan fabel berikut!
Matahari mulai tenggelam, anak katak yang nakal itu tidak juga pulang. Ibu katak sangat khawatir. Ia kemudian mencari anak katak. Ternyata anak katak masih asyik bermain dengan teman-temannya. Ibu katak mengajak anaknya pulang. Dengan berat hati, katak menyudahi dan mengikuti ibunya pulang.
Kata ‘matahari yang mulai tenggelam” tersebut mengandung makna …
A. Hari hampir sore                                        C. Hari hampir malam
B. Hari hampir siang                                       D. Hari hamper pagi
Ø  Peserta didik dapat Menentukan bagian cerpen dan fabel
13.  Bacalah kutipan cerpen berikut!
Aku bersyukur kepada Tuhan karena dia telah berubah. Aku pun memaafkannya, meskipun sampai saat ini aku belum bertemu dia lagi. Aku berharap suatu hari nanti kami akan menjalin persahabatan lagi.
Penggalan cerpen di atas merupakan bagian ….
A. Krisis                                                          C. Orientasi
B. Resolusi                                                      D. Komplikasi
Ø  Peserta didik dapat menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
14.   Bacalah kutipan cerita berikut!
Aku mempunyai pengalaman yang menyayat hati. Pas pulang sekolah. Kulihat bendera kuning sepanjang jalan. Ternyata bendera kuning itu dari rumahku. Setiap mengingat pengalaman ini selalu berurai air mata. Pengalaman itu kualami beberapa bulan yang lalu. Aku ditinggalkan pergi oleh adik kesayanganku.
Makna simbol bendera kuning dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
A. orang meninggal                                         C. Orang hilang
B. orang sakit                                                  D. Orang pergi
Ø  Peserta didik dapat menyimpulkan isi tersirat dari cerpen dan fabel
15.  Cermati cerpen dibawah ini!
Ayah mengamati saya dari atas ke bawah. Ia bangun dan menjangkau tangan kananku. Katanya:
“Untuk apa bunga ini, heh.”
Aku tidak tahu alasannya yakni apa, telah mengasihi bunga ditangan ku ini.
Ayah meraih. Merenggutnya dari tanganku. Kulihat bungkah otot tangan ayah menggenggam bunga kecil-kecil itu. Aku menahan untuk tidak berteriak.
“Laki-laki tidak perlu bunga, Buyung. Kalau perempuan, bolehlah. Tetapi engkau laki-laki.”
Ayah melemparkan bunga itu. Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga itu, membawanya ke kamar.
isi tersirat kutipan cerpen tersebut yakni . . .
A. Ayah tidak ingin Buyung mempunyai sifat lembut menyerupai perempuan.
B. Ayah tidak ingin anaknya menyukai bunga menyerupai dia.
C. Ayah tidak ingin bila bunga itu dipetik.
D. Ayah ingin bunga itu sebagai hiasan di taman.
Ø  Peserta didik dapat menyimpulkan sebab atau akibat konflik
16.  Cermati kutipan cerpen berikut!
“Ika  lihatlah batang pohon kenari yang tumbuh subur itu! Buahnya begitu lebat.Namun, batangnya tak seindah buahnya yang mulus. Batangnya penuh dengan cacahan dan coretan nama,” kata Iwan.
“Perbuatan  mencoreti pohon itu turut mencemari lingkungan, termasuk dalam tindakan vandalisme atau pengrusakan” Kata Ika .
“Ibu bangga dengan kalian kalian tidak hanya tahu, tetapi sepanjang perjalanan kalian tidak melakukan vandalisme. Jadi tetaplah menjaga alam ini dengan baik,” kata Bu Ira.

Penyabab konflik dalam cerita di atas adalah….
A.    Pohon kenari tidak bisa berbuah lebat
C.     Perusakan hutan alam
D.    Hutan menjadi sering ditebangi
Ø  Peserta didik dapat membandingkan pola pengembangan cerpen atau fabel
17.  Bacalah teks berikut!
Teks 1
“Chendy,Chendy,bangun nak!”Teriak Bu Sulyem dari kamar. Ketika tidak ada jawaban Bu Sulyem  terkejut. “Hah! badanmu panas sekali cepat bangun. Kita langsung ke dokter saja.” Seisi rumah menjadi heboh ayah, Mahendra, Kakak Cendy, dan Diki supir keluarga ikut panik.
Teks 2
Gunung Marbela sudah lama tidak menunjukkan aktivitasnya. Gunung ini dijadikan objek wisata oleh masyarakat sekitarnya. Selain pemandangan indah, di Gunung Marbel  juga tumbuh bunga langkah yang hanya tumbuh di Gunung Marbel. Tidak mengherankan bila liburan, banyak wisatawan yang berkunjung kesana.
Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah...
A.    Teks 1 dimulai dengan lokasi, teks 2 dimulai dengan aksi
B.     Teks 1 dimulai dengan aksi, teks 2 dimulai dengan lokasi
C.     Teks 1 dimulai dengan garis besar masalah, teks 2 dimulai dengan aksi
D.    Teks 1 dimulai dengan lokasi, teks 2 dimulai dengan garis besar masalah
Ø  Peserta didik dapat membandingkan penggunaan cerpen atau fabel
18.  Cermati  kutipan- kutipan  teks dibawah ini!
Teks 1
Di sebuah telaga di daerah Kalimantan Barat, tersebutlah Pak Tupai bersahabat dengan Pak Ikan Gabus. Pada suatu hari, Pak Ikan Gabus jatuh sakit. Badannya sangat lemah.
Teks 2
Di hutan yang rindang, hidup seekor Anak Landak yang kesepian. Si Landak tak punya banyak teman, tapi ia memiliki seorang sahabat yaitu Si kura- kura.
Perbedaan penggunaan Bahasa pada kedua kutipan teks diatas adalah….
A.    Teks 1: kalimat langsung 
Teks 2: kalimat tak langsung                       
B.     Teks 1:Kalimat tak langsung
Teks 2: kalimat  langsung
C.     Teks 1: kata sapaan
Teks 2: kata sandang
D.    Teks 1: kata sandang
Teks 2: kata sapaan
Ø  Peserta didik dapat menunjukkan bukti latar dan watak tokoh dalam cerpen atau fabel
19.  Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya, "Apa Ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sana itu?" Ia menjawab, "Silakan masuk, Nyonya! Kalau Anda ibunya Eric, sungguh Anda tak punya hati!”. Ia membuka pintu tempat tinggalnya. (1)
"Tolong katakan, di mana ia sekarang? Saya janji menyayanginya dan tidak akan meninggalkannya lagi!” (2)
Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata. (3)
”Eric... maafkan Ibu, Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan. (4)
Bukti latar tempat pada kutipan cerpen tersebut ditandai nomor ...
A. (1)                                       C.(3)
B. (2)                                       D.(4)
Ø  Peserta didik dapat mengomentari unsur intrinsik karya sastra
20.  Perhatikan kutippan teks di bawah ini!
Tiba-tiba dalam kolam muncul sebuah kepala yang melenggak-lenggok seperti sedang mencari sesuatu. Kadal mendekati mahluk itu dan dia sedikit kaget ternyata ada seekor ular air. Ular air mengajak sang Kadal untuk berpetualang menyeberangi kolam, tetapi sang Kadal merasa takut.

Komentar yang tepat sesuai isi kutipan teks tersebut adalah ...
A. Ular jangan memengaruhi kadal yang takut.
B. Kadal harus mencoba hal baru dengan belajar.
C. Ular dan kadal jangan mencoba hal yang berbahaya.
D. Ular dan kadal hidup di sungai yang deras.
*      Menulis terbatas
Ø  Peserta didik dapat melengkapi istilah atau kata dalam kalimat
21.  Perhatikan kalimat berikut!
Persoalan [...] tidak sepenuhnya bisa dikendalikan dengan pestisida.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
A. Benih                                  C. Irigasi
B. Hama                                  D. Panen
Ø  Peserta didik dapat menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
22.  Urutkan kalimat berikut dengan benar!
(1)   Lidah buaya memiliki ciri- ciri, yaitu daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau
(2)   Daunnya mengandung serat bening seperti daging
(3)   Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
(4)   Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengan manfaatnya
Urutan kalimat berikut untuk menjadi paragraf yang baik adalah….
A.    1,2,3,4                               C. 4,3,2,1
B.     1,2,4,3                               D. 4,3,1,2
Ø  Peserta didik dapat melengkapi paragraf dengan kalimat
23.  Bacalah paragraf berikut!
Kelurahan Bibi Ani terletak di sebuah lereng gunung yang sangat subur. Jarak tempat tinggal Bibi Ani dengan puncak gunung itu hanya sekitar 8 kilometer. Dari puncak gunung ini kita bisa memandang hamparan sawah yang padinya telah siap panen (….)Rumah penduduk yang dikelilingi oleh pepohonan yang menghijau membuat suasana menyenangkan. Aku rasanya ingin tinggal lama dengan Bibi Ani.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah….
A.    Sungai disekitar prgunungan itu sering menyebabkan banjir
B.     Sungai yang ada di sekitar pegunungan itu sangat dalam
C.     Sungai di dekat gunung itu sangat kotor
D.    Sungai di kaki gunung itu berkelok- kelok menyisir kaki gunung
Ø  Peserta didik dapat melengkapi bagian teks ( Eksposisi, Deskripsi, Ulasan, dan lain- lain)
24.  Perhatikan teks ulasan berikut!
Aspek menarik patut dicatat adalah kesadaran Raditya Dika plot film sebagai entitas berbeda dan merdeka dari jajahan sumber adaptasinya.(….)Bahkan, demi menjaga keutuhan plot, Dika memngupas cerita sampai tataran karakteristiknya. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara di buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun berbeda.
Ada kreaativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung – menyambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks ulasan tersebut adalah….
A.    Semua unsur canda dalam buku karya Dika tetap dimasukkan dalam film agar keutuhan cerita tiga babak utuh.
B.     Dika memisahkan beberapa bagian dalam buku yang kurang menarik agar tidak dimasukkan dalam film
C.     Dika ingin semua bagian dalam buku dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh.
D.    Dika merelakan beberapa bagian dalam buku tidak dimasukkan dalam film agar keutuhan plot cerita terjaga
Ø  Peserta didik dapat memvariasikan kata
25.  Perhatikan paragraf berikut!
Aku bisa mengerti mengapa hari itu ayah begitu marah, mungkin harga dirinya mulai terusik karena mencari nafkahh adalah tugasnya. Sebagai kepala keluarga, ayah tak sanggung menanggung malu.
Variasi kata yang tepat untuk menggantikan kata marah adalah…
A.    Naik darah                                    C. Banting tulang
B.     Darah biru                                     D. Makan garam
Ø  Peserta didik dapat memvariasikan kalimat
26.  Perhatikan kalimat berikut!
Apabila kamu berusaha dengan sungguh- sungguh, semua impianmu akan segera tercapai.

Kalimat yang berpola sama dengan kalimat tersebut adalah….
A.    Ketika aku ingin menekuni bidang ini, orang tuaku mendukung
B.     Siti memiliki saudara kembar yang berusia 3 menit darinya
C.     Keinginan Rinda lebih kuat dari keinginan orangtuanya
D.    Kemarin aku membelikan mainan baru sesuai dengan pintanya
Ø  Peserta didik dapat menulis dengan ilustrasi tertentu
27.  Cermati ilustrasi berikut!
Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) adalah konsep ruang public terbuka hijau dilengkapi dengan permainan menarik, pengawasan CCTV, dan ruang- ruangan. RPTRA  melayani kepentingan masyarakat yang ada yang ada di sekitarnya, seperti ruang perpustakaan, PKK Mart, ruang laktasi, dan lainnya

Teks laporan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….
A.    Ruang Publik Terpadu Ramah Anak  (RPTRA) adalah konsep ruang publik terbuka hijau dilengkapi dengan permainan menarik, pengawasan CCTV, dan ruang- ruangan. RPTRA  melayani kepentingan masyarakat yang ada yang ada di sekitarnya, seperti ruang perpustakaan, PKK Mart, ruang laktasi, dan lainnya.
B.     Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau juga dikenal dengan singkatan RPTRA adalah konsep ruang publik berupa ruang terbuka hijau atau taman yang dilengkapi dengan berbagai permainan menarik, pengawasan CCTV, dan ruangan- ruangan yang melayani kepentingan masyarakat yang ada di sekitar RPTRA tersebut, seperti ruang perpustakaan, PK Mart, ruang laktasi, dan lainnya.
C.     RPTRA sangat bagus untuk perkembangan otak anak karena semua anggota badan dan pikirannya bekerja dengan baik. Anak lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui permainan- permainan yang ada.
D.    RPTRA memberikan solusi yang baik untuk anak – anak yang tinggal di daerah perkotaan. Anak- anak yang orang tuanya mempunyai kesibukan padat dan bisa datang dengan tenang memasukkan anaknya ke RPTRA.
Ø  Peserta didik dapat mengubah teks ke bentuk lain
28.  Bacalah teks berikut!
Benarkah semua wan berada di langit? Sesungguhnya, tidak semua awan berada di langit. Ada juga awan yang menyentuh permukaan bumi. Awan yang menyentuh permukaan bumi disebut mega atau halimun. Udara mengandung zat lengas yang berlebihan. Zat lengas itu berubah menjadi tetes air memutih. Tetes air yang memutih itu disebut awan

Teks tersebut diunggapkan kembali menggunakan teks yan sepadan menjadi….
B.     Udara mengandung awan putih yang berserakan di awan yang menyebabkan tetes air hujan.
C.     Zat lengas itu akan berubah menjadi tetes- tetes air kecil yang memutih disebut awan
D.    Sesungguhnya, tidak semua awan tidak semua berada di langit. Ada juga awan yang menyentuh permukaan bumi.
*      Menyunting kata, kalimat, paragraf
Ø  Peserta didik dapat menunjukkan kata yang  sesuai kaidah
29.   
Ø  Peserta didik dapat menunjukkan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah
30.  Perhatikan kalimat berikut!
Weni sedang melegalisir ijazah di kantor TU.
Kata yang penulisannya tidak sesuai dengan kaidah baku adalah…
A.    Melegalisir                        C. di kantor
B.     Ijazah                                D. TU
Ø  Peserta didik dapat menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah
31.  Perhatikan kalimat di bawah ini!
Komputer … bagi kehidupan manusia. Salah salah satunya dalah menulis.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat diatas adalah…
A.    Memanfaatkan                  C. Dimanfaatkan
B.     Pemmanfaatan                  D. Bermanfaat
Ø  Peserta didik dapat menggunakan konjungsi dalam kalimat
32.  Perhatikan kalimat di bawah ini!
Disiplin menjadi permasalahan di lingkungan sekolah […] banyak siswa yang sering terlambat.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi titik- titik tersebut adalah…
A.    Sehingga                           C.Jadi
B.     Karena                               D.Kalau
Ø  Peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
33.  Cermati kalimat di bawah ini!
Fira membeli oleh- oleh kepada bibinya yang tinggal ke luar kota.
Kalimat di atas dapat diperbaiki dengan cara….
A.    Mengganti kata kepada dan ke
B.     Mengganti kata membeli dan kepada
C.     Mengganti kata bibinya dan tinggal
D.    Mengganti kata oleh- oleh dan yang
Ø  Peserta didik dapat menentukan alas an kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
34.  Cermati kalimat di bawah ini!
Bambang Pamungkas masuk dalam team sepak bola nasional.
Kata team pada pada kalimat diatas seharusnya diganti karena….
A.    Bukan kata penghubung   C. Penulisannya tidak baku
B.     Tidak ditulis capital                      D. Diletakkan di tengah
*      Menyunting ejaan dan tanda baca
Ø  Peserta didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
35.  Perhatikan paragraf berikut!
Untuk memudahkan pembelian obat, sebaiknya kita pergi ke (1) apotik, karena begitu kita menyerahkan resep obat, mereka segera mengambilnya.perlu diketahui, resep obat yang dibuat oleh dokter tidak dapat (2) dirubah, kecuali ada persetujuan dokter. Itulah sebabnya sebelum kita membeli obat, sebaiknya kita ke dokter, disarming mengetahui (3) teori tentang obat, dia juga dapat memberi (4) nasihat tentang penggunaan obat.
Penulisan kata ejaan yang salah ditunjukkan oleh nomor….
A.    (1) dan (3)                         C. (2) dan (3)
B.     (1) dan (2)                         D. (3) dan (4)
Ø  Peserta didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
36.  Cermati kalimat berikut!
Orang utan biasanya mengonsumsi : buah- buhan, biji- bijian, dan daun- daunan.

Penggunaan tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah….
A.    Titik (.)                              C. Hubung (-)
B.     Koma (,)                            D. Titik dua (:)
Ø  Peserta didik dapat menggunakan ejaan
37.  Perhatikan kalimat- kalimat berikut!
(1)   Ibu membawa oleh- oleh asinan Bogor kesukaanku
(2)   Mohammad Hatta di makamkan di Tanah Kusir, Kemayoran Lama, Jakarta
(3)   Sesuai aturan, pertahana yang cuti harus mengembalikan pasilitas negara
Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai oleh nomor…
A.    (1)                                      C. (3)
B.     (2)                                      D. (4)
Ø  Peserta didik dapat menggunakan tanda baca
38.  Bacalah kutpan  teks berikut!
A.      Tanda koma (,) setelah ajakan itu
B.      Tanda koma(,) setelah tanah longsor
C.      Tanda titik koma (;)setelah ajakan itu
D.     Tanda titik dua(:) setelah tanah longsor
Ø  Peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
39.  Perhatikan kalimat berikut!
Cut Nyak dien dikenal sebagai salah satu pahlawan wanita yang berjuang melawan penjajahan masa perang belanda pada perang aceh.

Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah….
A.    Cut Nyak Dien dikenal sebagai salah satu pahlawan wanita yang berjuang melawan Penjajahan Belanda pada Perang Aceh.
B.     Cut Nyak dien dikenal sebagai salah satu pahlawan wanita yang berjuang melawan penjajahan masa perang belanda pada Perang Aceh.
D.    Cut Nyak dien dikenal sebagai salah satu pahlawan wanita yang berjuang melawan penjajahan masa perang belanda pada perang Aceh.
Ø  Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
40.  Cermati kalimat berikut!
Besok pagi kata dia meraka akan berangkat.
Perbaikan tanda baca yang tepat kalimat di atas adalah…
A.      “ Besok  pagi kata dia mereka akan berangkat.”
C.      “Besok pagi,” kata dia,”Mereka akan berangkat.”
D.     “Besok pagi,” kata dia,”Mereka akan berangkat.”
Ø  Peserta didik dapat menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
41.  Perhatikan kalimat berikut!
“Ketika sekolah SD kau pernah pulang ke kampung dan kita  Bersama- sama satu kelas pula!” katanya melanjutkan.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah….
A.    Tanda (.) setelah melanjutkan tidak di perlukan.
B.     Tanda seru (!) tidak tepat digunakan, seharusnya tanda tanya(?)
C.     Tanda petik (“) setelah kata pula tidak tepat penggunaannya.
D.    Tanda seru (!) tidak tepat digunakan karena bukan kalimat perintah
*      Tambahan soal
Ø  Peserta didik dapat menyimpulkan pendapat pro atau kontra dalam teks.
42.  Perhatikan paragraf di bawah ini!
(1) Ujian Nasional menjadi pengukur kemampuan siswa selama tiga tahun.(2) Siswa pun menyetujui hal tersebut.(3)Tetapi beberapa siswa juga ada yang kurang menyetujui hal tersebut dengan alasan tertentu. (4) Formula terbaik masih diusahakan oleh berbagai pihak untuk menemukan jawaban terbaik.
Kalimat yang menyatakan penolakan pada teks tersebut adalah….
A.    (1)                                      C.(3)
B.     (2)                                      D.(4)
Ø  Peserta didik dapat  membandingkan penggunaan Bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
43.  Perhatikan kedua teks di bawah ini!
Teks 1
Lima penumpang tewas dan 210 luka-luka dalam kecelakaan Kereta Api Ekonomi Bengawan jurusan Solo – Tanah Abang. Peristiwa naas itu terjadi Selasa (16/1) pukul 00.06. Akibatnya, perjalanan kereta lintas selatan terganggu.
Teks 2
Terjadi kecelakaan Kereta Api Ekonomi Bengawan jurusan Solo – Tanah Abang di Dusun Gununglurah, Rancamaya, Banyumas. Peristiwa itu menelan korban 5 penumpang tewas dan lebih 100 orang luka-luka. Peristiwa naas itu terjadi Selasa (16/1) dini hari.

Perbedaan penyajian kedua teks berita di atas adalah . . . .
A. Teks 1: berapa – bagaimana – kapan, Teks 2: apa – kapan – berapa
B. Teks 1: berapa – apa – bagaimana, Teks 2: apa – di mana – kapan
C. Teks 1: apa – berapa – kapan, Teks 2: bagaimana – kapan – berapa
Ø  Peserta didik dapat menilai keunggulan atau kelemahan teks
(1) Buku yang berjudul “Memahami film” karya Himawan mencoba untuk membantu penonton membaca sebuah film yang menjadi sebuah seni. (2)Dengan buku ini, pembaca dapat belajar mengenai motif atas pilihan sutradara.(3) Buku ini dapat memberi contoh dari semua unsur pembentukan film. (4) Tapi buku ini hanya dijual di beberapa tempat tertentu, sehingga sulit dicari.
Kekurangan buku ini terdapat pada nomor…..
A.    (1)                                      C.(3)
B.     (2)                                      D.(4)

Ø  Peserta didik dapat menggunakan konjungsi dalam kalimat
45.  Perhatikan kalimat d ibawah ini!
Pada hari Pendidikan Nasional, baik guru […] siswa wajib mengikuti upacara bendera di sekolah.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
A.    Maupun                             C.  Walaupun
B.     Meskipun                          D. Kapanpun

Ø  Peserta didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
46.  Bacalah teks dibawah ini!
(1) Alkisah di desa bunga tanjung ada seorang perempuan tua yang mempunyai huma.(2) Humanya tidak begitu luas.(3) Putri tunggal nama perempuan itu. (4)Ia mempunyai tiga orang anak.

Penggunaan ejaan yang tidak tepat pada teks tersebut adalah…
A.    (4)                                      C.(2)
B.     (3)                                      D.(1)
Ø  Peserta didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
47.  Perhatikan kalimat dibawah ini!
Oh; kamu suka makan jeruk, apel, dan manga.
Penggunaan tanda baca yang tidak tepat pada kalimat di atas adalah….
A.     Tanda titik koma (;) setelah kata oh
B.     Tanda koma (,) setelah kata jeruk
C.     Tanda koma (,) setelah kata apel
D.    Tanda titik (.) setelah kata mangga
Ø  Peserta didik dapat menggunakan ejaan
48.  Cermati kalimat- kalimat di bawah ini!
Kalimat berikut ini yang menggunakan ejaan yang benar adalah….
B.     Kemarin Gina berlibur bersama Hani dan Riska kesurabaya
C.     Kemarin gina berlibur bersama hani dan riska ke Surabaya
D.    Kemarin gina berlibur bersama hani dan riska keSurabaya
Ø  Peserta didik dapat memperbaiki kesalahann penggunaan tanda baca
49.  Perhatikan kalimat berikut!
Winda mengolah pisang/telur/dan tepung menjadi kue tradisional.

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat di atas yang benar adalah….
B.     Winda mengolah pisang-telur-dan- tepung menjadi kue tradisional.
C.     Winda mengolah pisang; telur;dan tepung menjadi kue tradisional.
D.    Winda: mengolah pisang, telur, dan tepung menjadi kue tradisional.
Ø  Peserta didik dapat menentukan alasan kesalahan penggunaan tanda baca
50.  Bacalah kalimat berikut!
Fika berkata “ Tolong rawat ayam, kucing, dan burung ini.”

Penggunaan tanda baca pada kalimat di atas salah karena….
A.    Tanda koma (,) setelah kata berkata.
B.     Tanda kutip (“) pada bagian tengah akhir
C.     Tanda koma (,) digunakan pada kata ayam dan kucing


diadaptasi dari berbagai buku UN dan internet  





















Comments

Popular posts from this blog

PTS SEJARAH INDONESIA SEM 1 KELAS 11

  Dalam bidang politik Belanda melakukan kebijakan yang ketat dan menindas dengan menjalankan politik....   * Demokrasi Gotong -royong Devide Et Impera Penjajahan Damai Setiap prefektur diangkat seorang pejabat kepala Pemerintahan yang disebut..  * Kepala Negara Bupati Camat Lurah Prefek Regentschap dikepalai oleh seorang regent yang berasal dari...  * Kaum pribumi Pedagang Orang Eropa Orang Belanda Kalangan miskin Status bupati sampai camat sepenuhnya menjadi pegawai negeri baru terwujud setelah diterapkan sistem....  * Politik Etis Tanam Paksa Kerja Rodi Absolut Diktator Dalam struktur pemerintahan Kolonial dikenal adanya penguasa tertinggi yaitu..  * Camat Bupati Lurah Presiden Gubernur Jendral Raad van Indie merupakan lembaga di tingkat pusat yang mempunyai peran..  * Dewan Gubernur Dewan Penasehat Asisten Residen Residen Bupati Asisten Residen ini mengepalai suatu wilayah bagian dari karesidenan yang dinamakan....  * Controler Prefek . Residen Afdeling Presiden Sekolah yang mengha

Resume buku Bintang Tere Liye

Nama      : Tahniah tasyirifiah                                       Judul       : bintang                                           Tanggal : selasa, 19- desember-2017 Penerbit : gramedia pustaka utama                                         Penulis    : tere liye Halaman : 380 Kami bertiga teman yang baik. Remaja, murid kelas 11. Penampilan kami sama seperti murid SMA lainnya. Tapi kami menyimpan rahasia besar. Namaku Raib, aku bisa menghilang. Seli, teman se meja ku, bisa mengeluarkan petir dari telapak tanngannya. Dan ali si biang kerok sekaligus si genius, bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami hidup di klan bumi, namun aku Bersama teman- temanku sudah pernah mengunjungi klan bulan, dan juga klan matahari. Tidak lama ini kami juga sempat   mengunjungi klan bintang, kami pergi dengan cara yang dilarang dan menjadi buronan sekertaris dewan kota Zaramaraz, karena kami sempat mengetahui rencananya yang akan mer