Skip to main content

TUGAS SENI MUSIK TRADISI PROVINSI SULAWESI SELATAN


      
a.    Lagu daerah Sulawesi Selatan

Ø Anak Kukang

Anak Kukang adalah lagu daerah yang menceritakan tentang seorang anak yang hidup sebatang kara. Tanpa alasan yang jelas, ibu dari anak tersebut membuangnya.
Banyak yang menduga bahwa anak tersebut dibuang karena masalah ekonomi yang melilit keluarganya hingga akhirnya sang ibu lebih memilih membuangnya.


Inilah lagu anak kukang menggunakan bahasa Makassar :
Kukanga’ tunipela
Tunibuang ritamparang
Kunianyukan rije’ne
Narappung tau maraeng
Ca’di ca’di dudu in’ja
Nana pelakka anrongku
Mantang mama kale kale
Tu’guru’ je’ne matangku
Aule … sare sarengna
Ikukang sayang
Sare tea takucini
Empo tena mate’nena
                                                     
Ø Anging Mamiri

Anging Mamiri adalah lagu yang diciptakan oleh Bora D.G.Irate. Anging Mamiri artinya adalah angin yang bertiup dan membawa kesejukan serta pesan rindu yang hendak disampaikan kepada orang tersayang.

Namun ada juga yang menyebutkan bahwa lagu Anging Mamiri bermakna sebagai ajakan agar memohon atau berharap hanya kepada Tuhan saja.
Sekalipun Anda memiliki banyak keinginan, namun tetap Tuhanlah yang akan mengabulkan permohonan tersebut dan pasti memberikan yang terbaik untuk hamba-Nya.


Berikut ini adalah lirik lagu dari anging mamiri:
Anging mammiri ku pasang
Pitujui tontonganna
Tusarroa takkaluppa (2X)
E..aule…
Namangngu’rangi
Tutenayya…tutenayya pa’risi’na (2X)
Battumi anging mammiri
Anging ngerang dinging-dinging
Namalantang saribuku
E..aule…
Mangerang nakku
Nalo’lorang… nalo’lorang je’ne mata
Anging mammiri ku pasang
Pitujui tontonganna
Tusarroa takkaluppa

Ø Ati Raja

Ati Raja juga menjadi salah satu lagu provinsi Sulawesi Selatan yang diciptakan oleh Hoe engDjie.Lagu ini memiliki makna yang sangat dalam mengenai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pecipta.Tak hanya itu, lagu ini juga sekaligus memberi penegasan bahwa Tuhan itu Esa atau satu.


Berikut ini lirik lagu Ati Raja :
Jailebang ni rampe i bau
Ati Raja to sunggua ri pau pau kodong
Raja le ala ni ani puji ati ati raja
Ni a tom mo ni calla dodu
Puna ni a to sunggu bau
Ati Raja nata ena
Raja le allara panji sero ati ati raja
Kek ke kini pela tomi
Laku apa mi sunggu ta bau
Ati Raja nama jai balla batu ta kodong
Raja le ala puna kodia ati ati raja
Keleleang mange mange bau
Mange mange bau

Ø Pakarena

Pakarena berasal dari kata pa yang artinya pelaku dan karena yang berarti main atau pemain.Tak hanya itu, pakarena juga dapat diartikan sebagai laki-laki atau jika diartikan dimaknai secara luas pakarena memiliki makna laki-laki yang pintar memainkan berbagai macam permainan.


Berikut ini adalah lirik lagu Pakarena :
Ika teri tura tea bau
Adat taman io loa sayang
E aule pakarenaya
Pakarenaya labiriri pagaukang
Ika tebu tara teang sayang
Punania pagaukang sayang
E aule suku Bajina
Suku Bajina punania pakarena
Pura raba piu rukang sayang
Baju Bodo kaun lolo sayang
E aule suku Bajina
Suku Bajina punania ke anggada



b.    Alat musik tradisi Sulawesi Selatan

1. Jalapa
                                                            

Jalappa (Jalapa) adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan. Alat ini berbentuk seperti Simbal yang terbuat dari logam kuningan. Tidak berlaku umum, alat musik ini dimainkan pada saat upacara adat tertentu. Nama alat musik tradisional Sulawesi Selatan mempunyai nama lain, yaitu dibeberapa daerah lebih dikenal dengan sebutan Kancing-Kancing karena bentuknya yang menyerupai Kancing berukuran besar.

Masyarakat setempat sering memainkan alat musik Jalappa pada saat upacara adat tolak bala . Sebagian dari mereka menggunakannya menjadi bagian dari peralatan dukun di beberapa daerah. Sebelum permainannya, pada umumnya jika pada tarian daerah Sulawesi Tenggara dimulai, alat musik ini terlebih dulu dibacakan mantra-mantra dengan diiringi alat musik lainnya.

2. Tolindo / Popondi
Selanjutnya adalah alat musik tradisional Sulawesi Selatan yang dimainkan dengan cara dipetik. Memiliki bentuk unik, alat musik ini terbuat dari bahan kayu berbentuk busur yang bertumpu pada tempurung kelapa utuh. Sedang pada bagian busur, terdapat senar panjang yang akan menghasilkan suara bila dipetik. Mayoritas masyarakat Bugis memeberi nama alat musik ini dengan sebutan Tolindo, sedangkan masyarakat Makassar memberi nama alat musik ini dengan sebutan Popundi.

3. Gendang Bulo

 

Sama seperti Gendang pada umumnya yang tidak memiliki membran. Dimana alat musik klasik ini akan mengeluarkan suara bila ditepuk atau dipukul bagian kulitnya menggunakan telapak tangan. Bagi masyarakat Bugis, alat musik ini disebut dengan nama Idiokardo, sedangkan pada masyarakat Makassar menyebutnya Gendang Bulo.
4. Keso- Keso




Alat musik Keso-keso merupakan alat musik tradisional Sulawesi Selatan. Ada persamaan dengan alat musik Rebab, akan tetapi jika alat musik Rebab bisa memiliki 3-4 dawai, Keso hanya memiliki 2 dawai saja.
Untuk memainkan alat musik masa lalu ini, Anda cukup menggesek dawainya, maka akan keluarlah bunyi yang sampai ditelinga. Bagi mereka yang sudah bisa memainkan alat musik Rebab, maka tidak akan mengalami kesusahan dalam memainkan alat musik Keso-keso.

5. Suling Lembang

 


Cara memainkan alat musik Suling Lembang tidak jauh berbeda dengan Suling pada umumnya. Adapun yang membedakannya, Suling Lembang mempunyai ukuran sangat besar, yaitu dengan panjang 50 sampai 100 cm dan diameter 2 cm. Supaya bunyinya bervariasi, Suling lembang dilengkapi dengan lebih dari 8 lubang nada.

6. Puwi- Puwi



Yang ini adalah alat musik Puik-Puik yang dikenal juga sebagai alat musik dari Sulawesi Selatan. Persis terompet, bentuk dan cara memainkan alat musik ini sama persis dengan terompet yang ada didaerah lain.


7. Rebana

Sederhananya, alat musik ini merupakan alat musik Gendang yang menggunakan membran. Kayu adalah bahan untuk membuatnya, baik dari kayu cendana, pohon nangka, pohon kelapa dan kayu jati.


8. Basi- Basi

Basi-Basi termasuk sebagai alat musik tradisional Sulawesi Selatan. Nama lainnya adalah Klarinet menurut masyarakat Makassar, sedang menurut masyarakat Bugis adalah Basi-basi. Alat musik ini merupakan alat musik tiup yang didalamnya terdapat membran rangkap. Dalam berbagai acara adat di Sulsel, biasanya alat musik zaman dahulu ini dimainkan, seperti untuk acara pesta, perkawinan dan syukuran.

9. Kacaping

 

Kacaping adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik. Kacaping memiliki 2 dawai yang dikaitkan pada kayu berbentuk seperti perahu. Konon, alat musik Kacaping ini pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut Bugis.

Pada acara-acara adat seperti upacara pernikahan, penjemputan tamu, atau saat bersenda gurau dengan keluarga alat musik ini dimainkannya. Nama lain dari Kacaping adalah Kecapi.



10. Alosu


Alat musik Alosu sangat unik bentuknya, yakni berupa sebuah kotak anyaman yang di dalamnya diisikan banyak biji-bijian atau batu kecil. Berbeda dengan alat musik lain, alat musik tadisional Sulawesi Selatan ini dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan.

11. Ana’ Becing

Berdasarkan informasi yang didapat, Ana’ Becing terbuat dari logam dan dimainkan dengan cara dipukulkan satu sama lain. Mempunyai bentuk yang unik, yaitu menyamai sepasang dayung membuat alat musik ini cukup dikenal, terlebih karena sering dimainkan dalam pertunjukan seni musik karnaval atau parade pesta serta upacara adat pada zamannya.


c. Kesenian Sulawesi Selatan   
1. Tari Pakkuru Sumange
2. Tari Kipas Pakarena
3. Tari Pattennung
4. Tari Ma’Gellu
5. Tari Pa’Pangngan
6. Tari Gandrang Bulo
7. Tari Bosara
8. Tari Tradisional Pajoge
9. Tari Ma’randing
10. Tari Manimbong
11. Tari Ma’badong









DAFTAR PUSTAKA


Lagu daerah Sulawesi Selatan

                                               


Alat Musik Tradisi Sulawesi Selatan

                               


Kesenian Sulawesi Selatan

Comments

Popular posts from this blog

PTS SEJARAH INDONESIA SEM 1 KELAS 11

  Dalam bidang politik Belanda melakukan kebijakan yang ketat dan menindas dengan menjalankan politik....   * Demokrasi Gotong -royong Devide Et Impera Penjajahan Damai Setiap prefektur diangkat seorang pejabat kepala Pemerintahan yang disebut..  * Kepala Negara Bupati Camat Lurah Prefek Regentschap dikepalai oleh seorang regent yang berasal dari...  * Kaum pribumi Pedagang Orang Eropa Orang Belanda Kalangan miskin Status bupati sampai camat sepenuhnya menjadi pegawai negeri baru terwujud setelah diterapkan sistem....  * Politik Etis Tanam Paksa Kerja Rodi Absolut Diktator Dalam struktur pemerintahan Kolonial dikenal adanya penguasa tertinggi yaitu..  * Camat Bupati Lurah Presiden Gubernur Jendral Raad van Indie merupakan lembaga di tingkat pusat yang mempunyai peran..  * Dewan Gubernur Dewan Penasehat Asisten Residen Residen Bupati Asisten Residen ini mengepalai suatu wilayah bagian dari karesidenan yang dinamakan....  * Controler Prefek . Residen Afdeling Presiden Sekolah yang mengha

Resume buku Bintang Tere Liye

Nama      : Tahniah tasyirifiah                                       Judul       : bintang                                           Tanggal : selasa, 19- desember-2017 Penerbit : gramedia pustaka utama                                         Penulis    : tere liye Halaman : 380 Kami bertiga teman yang baik. Remaja, murid kelas 11. Penampilan kami sama seperti murid SMA lainnya. Tapi kami menyimpan rahasia besar. Namaku Raib, aku bisa menghilang. Seli, teman se meja ku, bisa mengeluarkan petir dari telapak tanngannya. Dan ali si biang kerok sekaligus si genius, bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami hidup di klan bumi, namun aku Bersama teman- temanku sudah pernah mengunjungi klan bulan, dan juga klan matahari. Tidak lama ini kami juga sempat   mengunjungi klan bintang, kami pergi dengan cara yang dilarang dan menjadi buronan sekertaris dewan kota Zaramaraz, karena kami sempat mengetahui rencananya yang akan mer

LATIHAN SOAL BAHASA INONESIA UN SMP

      Membaca Nonsastra Ø   Peserta didik dapat menentukan kata atau kalimat pada teks 1.       Cermati kalimat dibawah ini! Beberapa bulan lagi murid kelas 9 akan menjalan UNBK yaitu ujian nasional berbasis komputer. Serangkain persiapan pun dijalani oleh murid kelas 9. Contohnya simulasi UNBK. Makna dari kata bercetak miring tersebut adalah…. A.       Mencoba                                                    C. Memperagakan B.       Menghitung                                               D. Mengantisipasi   Ø   Peserta didik dapat menentukan informasi tersurat teks 2.       Bacalah teks dibawah ini! Rokok adalah benda yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan dengan memberikan candu kepada orang yang menikmatinya. Rokok mempunyai rupa silinder dari kertas berukuran panjang, berisi daun tembakau yang telah di cacah. Rokok biasanya dijual disertai dengan pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan akibat merokok. Informasi