Skip to main content

Ramadhan Spesial #DirumahAja Tahun ini


Ramadhan kali ini berbeda dengan Ramadhan tahun- tahun sebelumnya, memberikan kesan yang berbeda mengingat dunia tahun ini dunia sedang dilanda virus corona atau covid- 19, yang menyebabkan kita harus tetap berdiam diri di rumah dan mengurangi aktivitas bepergian bila tidak diperlukan, tetapi itu semua bukan menjadi alasan untuk tidak produktif selama bulan Ramadhan.  Alhamdulillah ......banyak  hal- hal produktif serta positif yang bisa saya lakukan selama dirumah . Kira- kira apa saja yang saya lakukan selama dirumah ya? Mari kita lihat bersama.






1. Mengerjakan PAS ( Penilaian Akhir Tahun )



Dimulai pada pagi hari saya memiliki kegiatan tetap yaitu mengerjakan Penilaian Akhir Tahun  ( PAT) yang diadakan oleh sekolah secara online melalui quizizz.  Ulangan ini tentunya sudah terjadwal dengan baik, prosedur pelaksanaannya,  kode perkelas dibagikan oleh setiap wali kelas via grup whatsapp, lalu pelaksanaanya dimulai dari jam setengah delapan pagi hingga berakhir pada  jam setengah dua belas siang. 


Kadang saya merasa mengerjakan ulangan ini terasa cukup sulit karena rata- rata materinya belum sempat disampaikan di sekolah . Memang sudah diberi tugas dan pendalaman materi sebelum ulangan tapi tetap saja perbedaan jam belajar efektif di sekolah dengan kelas online tidak bisa dipungkiri. Ditambah lagi di sekolah guru- guru menjelaskan secara detail di sekolah  agar dapat dengan mudah dipahami. Jadi ya memang cukup sulit tapi saya sudah berusaha semaksimal dan semampu saya untuk mengerjakannya.







Alhamdulillah di ulangan online kali  ini skor tertinggi saya diatas 95.  Saya berharap semoga nilai- nilai saya yang lainnya ikut berkembang :) Untuk kalian yang masih menjalani ulangan online semangat ya!

2. Pondok Ramadhan Online daring stay at home

Setelah saya mengerjakan Penilaian Akhir Tahun ( PAT )  saya lanjut mengerjakan tugas- tugas sekolah versi Ramadhan daring stay at home bisa disebut juga sebagai Pondok Ramadhan online versi sekolah saya.Tugas ini bertujuan untuk mengontrol aktifitas siswa- siswi selama Ramadhan di rumah saja.





Tugasnya berupa apa? Biasanya disajikan link- link youtube berupa sejarah islam atau tips- tips beragam dari youtube dan saya harus menyimpulkan isi / kandungan  dari vidio tersebut untuk dikumpulkan melalui  google classrom sebagai tambahan nilai saya, atau bisa berupa tugas vidio seperti shalat khusyu’ Bersama keluarga.

Tugas Ramadhan online  ini sangat bermanfaat walau tidak seperti pondok Ramadhan tahun- tahun lalu, setidaknya saya masih bisa menambah wawasan saya lewat vidio- vidio youtube tersebut dan mengambil hikmah yang terkandung di setiap vidionya.

 




Foto diatas menunjukkan beberapa tugas yang sudah saya terima dari Pondok Ramadhan Online daring stay at home selama ini. Bagaimana pendapat kalian?


3. Mengaji online via zoom

Di hari- hari yang ditentukan juga diadakan kegiatan mengaji online via zoom di sore hari. Dimulai dari membaca al- fatihah, lalu  ditemani guru pembimbing, kami membaca surat- surat pendek setelah selesai membacanya  guru pembimbing akan memperbaiki bacaan kami, menjelaskan dibagian mana kami masih salah dan memberi nilai untuk masing- masing anak.


 

Sebenarnya menggunakan aplikasi zoom untuk mengaji online memiliki beberapa kekurangan seperti adanya batas waktu ataupun koneksi  tidak stabil yang sering terjadi,  tetapi sejauh ini sepertinya memakai aplikasi zoom sebagai sarana mengaji online merupakan solusi terbaik yang ada, selama saya masih bisa menangkap poin- poin penting  yang disampaikan guru  dalam mengaji online saya merasa cukup puas.  

4. Tarawih Berjamaah Dirumah Aja





Selama dirumah sholat tarawih  menjadi berbeda, biasanya sholat berjaamah di masjid. Kali ini  sholat tarawih bareng keluarga di rumah. Terasa mungkin ya perbedaannya, sholat tarawih di masjid lebih ramai dan benar- benar terasa feel ramadhan nya daripada terawih di rumah.


5.  Rindu Berbagi Kebaikan  = Jumat Berkah





Sebelum wabah ini, sempat ikut kegiatan berbagai kebaikan di sekolah . Namanya Jumat Berkah. Kenapa namanya jumat berkah? karena kegiatan ini dilaksanakan di Hari Jumat lah :) . Kita membagi- bagikan makanan dan air mineral kepada orang- orang yang membutuhkan seperti tukang becak, supir angkot, pedagang kaki lima, dan masih banyak lagi secara rutin di area- area sekitaran sekolah.

Senang sekali rasanya diberi kesempatan berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Kegiatan berbagi seperti ini juga mengingatkan saya untuk tetap senantiasa bersyukur atas segala yang saya punyai dan tidak mengeluh sebab masih banyak orang yang mungkin tidak memiliki kesempatan yang sama seperti saya miliki sekarang.



Jangan Sampai Waktu Ramadhan kita tidak mendapat kebaikan







...............................................................

Rindu Ramadhan Tahun Lalu


Ramadhan tahun ini berbeda dengan Ramadhan tahun lalu dan tahun- tahun sebelumnya. Tahun ini kegiatan Ramadhan harus semaksimal mungkin dilakukan di rumah. Tidak ada lagi ngabuburit menunggu adzan maghrib bersama diluar rumah, tidak ada acara buka bersama bersama kerabat atau teman- teman , tidak ada kegiatan tarawih berjamaah di masjid, tidak ada tadarus beramai- ramai setelah shat terawih, tidak ada kegiatan i'tikaf di masjid- masjid bersama keluarga. Begitu banyak hal yang hilang di tahun ini akibat pandemi yang belum jelas kapan dapat berakhirnya.









    
Memang cukup sedih  nih, mengingat tahun ini umat islam memang kehilangan banyak hal yang biasanya dilakukan selama bulan Ramadhan, tetapi sebagai muslim yang baik kita tidak boleh mengeluh dan menyerah akan segala masalah yang telah terjadi, kita harus dapat mengambil hikmah dari pandemi ini. Kita harus tetap senantiasa berdoa kepada Allah agar pandemi ini cepat berakhir, tidak lupa juga dengan mengikuti segala aturan- aturan dari pemerintah untuk bertindak cepat memutus mata rantai penyebaran virus covid- 19.


Intinya kita harus tetap semangat dan berdoa kepada Allah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, di tengah pandemi yang sedang terjadi di Bulan Ramadhan tahun ini. Manfaatkan waktu- waktu ini dengan berbagai aktifitas produktif , apabila diberi rezeki lebih tolonglah yang sedang membutuhkan. Sekian dari saya apabila ada kesalahan kata saya selaku penulis memohon maaf sebesar- besarnya. 







"Tulisan ini diikutseretakan dalam Blog Competition "Ceritaku Dari Rumah" yang diselenggarakan oleh Ramadhan Virtual Festival dari Dompet Dhuafa  Sulawesi Selatan."



------------------------------------------------------

YUK  FOLLOW Akun ini, 
InsyaAllah ada banyak Contoh Kebaikan yang bisa anda lakukaan

---------------------------------------------------





























Comments

  1. Menarik , ada kegiatan jumat berkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah membaca postingan ini komandan... semoga bermanfaat ya

      Delete
  2. Semoga wabah ini berakhir, sy juga rindu ramadhan tahun lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... jangan lupa slalu berdoa agar wabah ini cepat hilang

      Delete
  3. ramadhan ini enaknya bisa kumpul keluarga kecil tapi gak bisa kumpul keluarga besar nanti lebaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak semoga tahun depan covid sudah hilang, jadi bisa kumpul bareng keluarga besar saat lebaran lagi.....

      Delete
  4. wah ngaji via zoom... keren kak...
    ngomong-ngomong soal blog competition, barangkali berkenan mampir ke tulisan saya kak, saya juga ikut meramaikan lomba blog ini, cek di sini tulisan saya kak:
    Berbuat Baik Bisa dari Rumah #CeritakuDariRumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak atas responnya... saya sudah mampir mantap kak sukses selalu ya....

      Delete
  5. wah, dulu sih itu jurnal ramadhan dibuat dalam bentuk buku ya hehehe skrg berubah jd digital semua. kalo anak sekolah emang masih pada ujian semesteran ya. smoga wabah covid ini segera berhenti ya, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya kak jamannya udah berkembang, amin.... semoga wabah covid segera hilang

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PTS SEJARAH INDONESIA SEM 1 KELAS 11

  Dalam bidang politik Belanda melakukan kebijakan yang ketat dan menindas dengan menjalankan politik....   * Demokrasi Gotong -royong Devide Et Impera Penjajahan Damai Setiap prefektur diangkat seorang pejabat kepala Pemerintahan yang disebut..  * Kepala Negara Bupati Camat Lurah Prefek Regentschap dikepalai oleh seorang regent yang berasal dari...  * Kaum pribumi Pedagang Orang Eropa Orang Belanda Kalangan miskin Status bupati sampai camat sepenuhnya menjadi pegawai negeri baru terwujud setelah diterapkan sistem....  * Politik Etis Tanam Paksa Kerja Rodi Absolut Diktator Dalam struktur pemerintahan Kolonial dikenal adanya penguasa tertinggi yaitu..  * Camat Bupati Lurah Presiden Gubernur Jendral Raad van Indie merupakan lembaga di tingkat pusat yang mempunyai peran..  * Dewan Gubernur Dewan Penasehat Asisten Residen Residen Bupati Asisten Residen ini mengepalai suatu wilayah bagian dari karesidenan yang dinamakan....  * Controler Prefek . Residen Afdeling Presiden Sekolah yang mengha

Resume buku Bintang Tere Liye

Nama      : Tahniah tasyirifiah                                       Judul       : bintang                                           Tanggal : selasa, 19- desember-2017 Penerbit : gramedia pustaka utama                                         Penulis    : tere liye Halaman : 380 Kami bertiga teman yang baik. Remaja, murid kelas 11. Penampilan kami sama seperti murid SMA lainnya. Tapi kami menyimpan rahasia besar. Namaku Raib, aku bisa menghilang. Seli, teman se meja ku, bisa mengeluarkan petir dari telapak tanngannya. Dan ali si biang kerok sekaligus si genius, bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami hidup di klan bumi, namun aku Bersama teman- temanku sudah pernah mengunjungi klan bulan, dan juga klan matahari. Tidak lama ini kami juga sempat   mengunjungi klan bintang, kami pergi dengan cara yang dilarang dan menjadi buronan sekertaris dewan kota Zaramaraz, karena kami sempat mengetahui rencananya yang akan mer

LATIHAN SOAL BAHASA INONESIA UN SMP

      Membaca Nonsastra Ø   Peserta didik dapat menentukan kata atau kalimat pada teks 1.       Cermati kalimat dibawah ini! Beberapa bulan lagi murid kelas 9 akan menjalan UNBK yaitu ujian nasional berbasis komputer. Serangkain persiapan pun dijalani oleh murid kelas 9. Contohnya simulasi UNBK. Makna dari kata bercetak miring tersebut adalah…. A.       Mencoba                                                    C. Memperagakan B.       Menghitung                                               D. Mengantisipasi   Ø   Peserta didik dapat menentukan informasi tersurat teks 2.       Bacalah teks dibawah ini! Rokok adalah benda yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan dengan memberikan candu kepada orang yang menikmatinya. Rokok mempunyai rupa silinder dari kertas berukuran panjang, berisi daun tembakau yang telah di cacah. Rokok biasanya dijual disertai dengan pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan akibat merokok. Informasi