Skip to main content

KUNCI JAWABAN LATIHAN UN SMP


1.      Simulasi menurut KBBI adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya. Dalam hal ini dapat dikatakan simulasi berarti memperagakan sesuai aslinya.
Jawaban:B
2.      Pesan yang tersurat merupakan pesan yang terdapat dalam teks. Jadi jawaban yang benar adalah dalam bungkusnya terdapat pesan yang memperingatkan perokok.
Jawaban:A
3.      Dalam teks deskripsi terdapat bagian yang disebut deskripsi bagian yang berisikan gambaran tentang suatu objek yang dibahas.
Jawaban:B
4.      Ide pokok adalah masalah utama yang dibahas dalam suatu paragraf. Jadi jawaban yang benar anggapan filatelis itu kuno.
Jawaban:B
5.      Simpulan merupakan pendapat akhir dari data yang terdapat pada isi teks bacaan. Isi teks: penyebab sakit tenggorokan
Jawaban:D
6.      Pengertian pro adalah suatu reaksi yang baik, positif, atau setuju terhadap suatu hal. Maka jawaban yang benar adalah kalimat nomer 3.
Jawaban:C
7.      Gagasan utama paragraf I : pemimpin sebagai panutan; gagasan utama paragraf II: pemimpin memiliki jiwa kepemimpinan. Kedua gagasan digabung menjadi: Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan.
Jawaban:B
8.      Teks 1 diawali dengan pokok berita siapa (Kapolres), sedangkan berita II diawali dengan pokok berita mengapa (guna menghidari...)
Jawaban:A
9.      Kekurangan/ kelemahan buku tersebut ditunjukkan denagn konjungsi tapi.
Jawaban:D
10.  Komentar yang benar yang benar adalah Semut selamat karena sarangnya dalam tanah.
Jawaban:D
11.  Jalan tikus adalah jalan yang kecil-kecil, jalan setapak.
Jawaban:A
12.  Kata ‘matahari yang mulai tenggelam” tersebut mengandung makna hari hampir malam.
Jawaban:C
13.  Resolusi merupakan penyelesaian atau tahap akhir dari permasalahan.
Jawaban:B
14.  Maksud dari bendera kuning dalam kutipan cerita tersebut adalah adanya seseorang yang meninggal
Jawaban:A
15.  Ayah tak mengizinkan Buyung mengambil bunga karena Ayah tidak ingin Buyung mempunyai sifat lembut menyerupai perempuan.
Jawaban:A
16.  Penyebab konflik dalam cerita tersebut adalah Batang Pohon Kenari penuh dengan coretan nama.
Jawaban:B
17.  Pada teks 1 dimulai dengan aksi yaitu aksi Bu Sulyem memanggil anaknya.Paada teks 2 dimulai dengan lokasi sebagai mana kalimat pertamanya.
Jawaban:B
18.  Kata sapaan adalah kata yang digunakan untuk menegur seseorang sedangkan kata sandang contohnya adalah kata si, sang, dan yang.
Jawaban:C
19.  Latar merupakan tempat, waktu, dan atau suasana peristiwa cerita terjadi. Untuk menemukan latar perlu mencermati kata yang meujuknya.
Kata kunci (yang dirujuk): … membuka pintu …(latar tempat)
                                                                                                                        Jawaban:A
20.  Dalam soal, dijelaskan bahwa kadal takut untuk mencoba hal baru., yaitu berbetualangan menyebrangi kolam . Maka komentar yang tepat adalah, Kadal harus mencoba hal baru dengan belajar.
Jawaban:B
21.  Kata
22.  Urutan yang benar dimulai dengan nomer 4 yaitu memperkenalkan tumbuhan, lalu nomer 3 mengenai manfaat tumbuhan tersebut, kemudian nomer 1 yakni memperkenalkan ciri ciri tumbuhannya, dan terakhir yaitu nomer2, sambungan dari ciri tumbuhan tersebut.
(1)   Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengan manfaatnya
(2)   Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
(3)   Lidah buaya memiliki ciri- ciri, yaitu daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau
(4)   Daunnya mengandung serat bening seperti daging
Jawaban:D
23.  Jawaban yang tepat adalah D. Karena, pada paragraf menggambarkan kehidupan di sekitar pegunungan yang begitu asri. Selain itu, pada paragraf diatas bermaksud menceritakan hal yang berhubungan dengan keindahan atau positif. Jika dilihat pilihan jawaban lain, menggambarkan kejelekan bukan keindahan.
Jawaban:D
24.  Jawaban yang benar adalah A karena memiliki kaitan dengan kalimat sesudahnya. Kata kunci kalimat seudahnya yaitu,”demi menjaga keutuhan Dika mengupas…..
Jawaban:A
25.  Variasi kata pada kalimat tersebut menggunakan ungkapan. Ungkpan yang tepat untuk menggantikan kata marah adalah naik darah.
Jawaban:A
26.  Kalimat yang memiliki pola KSP penjelasannya sebagai berikut.
Ketika aku ingin menekuni bidang ini, orang tuaku mendukung
                        K                                 S                 P
Kalimat yang berpola sama yaitu pilihan A
Apabila kamu berusaha dengan sungguh- sungguh, semua impianmu akan segera tercapai.
                        K                                                         S                        P
                                                                                                            Jawaban:A
27.  Pilihan jawaban B tepat karena sesuai dengan ilustrasi teks soal. Pilihan jawaban yang lain kurang tepat karena tidak sesuai dengan ilustrasi yang ada dan tidak lengkap dalam menjelaskan ilustrasi yang ada
Jawaban:B
28.  Soal tersebut menanyakan teks lain yang sepadan dengan teks awal. Jawaban yang tepat adalah Udara mengandung zat lengas yang berubah menjadi awan. Awan yang menyentuh permukaan bumi disebut halimun.
Jawaban:A

29.  Hhh
30.  Tidak ada imbuan -isir, yang ada adalah imbuan isasi yang menunjukkan proses yang menunjukkan proses. Jadi yang benar adalah melegalisasi bukan melegalisir.
Jawaban:A
31.  Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah bermanfaat. Kata bermanfaat berarti ada manfaatnya.
Jawaban:D
32.  Kata hubung atau konjungsi yang tepat untuk melengkapi kata rumpang tersebut adalah karena.
Jawaban:B
33.  Kalimat tersebut dapat diperbaiki dengan cara mengganti kata kepada dank e. kata kepada seharusnya diganti dengan kata untuk. Kata ke seharusnya diganti dengan kata di.
Jawaban:A
34.  Kata team harus diganti karena penulisannya tidak baku. Penulisan baku yang sesuai dengan kaidah kata serapan dari bahasa asing adalah tim.
Jawaban:C
35.  Kata yang salah ejaan ditunjukkan pada nomor (1) dan (2). Kata baku dari apotik adalah apotek dan dirubah kata bakunya adalah diubah.
Jawaban:B
36.  Tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah titik dua (:) sebab titik dua (:) digunakan untuk kata yang sejenis. Misalnya, ibu membeli buah : apel, mangga, dan jeruk.
Jawaban:D
37.  Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditunjukkan oleh nomor (4) yaitu Sejak sebulan yang lalu, Andi pindah ke Pasar Kemis, Tangerang.
Jawaban:D
38.  Penggunaan tanda baca yang tepat pada teks tersebut adalah mencantumkan mencantumkan tanda koma(,) setelah tanah longsor.

Untuk membantu siswa yang mendapat musibah tanah longsor, ketua kelas mengajak teman- temannya memberikan bantuan sembako atau uang secara sukarela. Ajakan itu ia tulis melalui pesan singkat.

                                                                                                                        Jawaban:B    
39.  Nama negara dan kejadian bersejarah di tulis huruf capital di awal.
Cut Nyak Dien dikenal sebagai salah satu pahlawan wanita yang berjuang melawan penjajahan masa perang Belanda pada Perang Aceh.
                                                                                                            Jawaban:C
40.  Perbaikan tanda baca yang tepat adalah “Besok pagi,” kata dia, “mereka akan berangkat.”
Jawaban:B

41.  Alasan ketidak tepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah tanda seru (!) tidak tepat digunakan karena bukan kalimat perintah.
Jawaban:D
42.  Definisi kontra adalah reaksi negatif, menentang, atau tidak setuju terhadap suatu hal. Maka jawaban yang benar adalah nomer 3.
Jawaban:C
43.  Teks 1: berapa – kapan – bagaimana, sedangkan Teks 2: apa – berapa – kapan
Jawaban:D
44.  Kekurangan/ kelemahan buku tersebut ditunjukkan denagn konjungsi tapi.
Jawaban:D
45.  Soal tersebut membutuhkan kata hubung yang bersifat korelatif atau kata hubung yang bersifat berpasangan. Kata prnghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah meskipun.
Jawaban:A
46.  Penggunaan ejaan yang tidak tepat pada kutipan teks tersebut berkaitan dengan penggunaan huruf kapital. Penulisan desa bunga tanjung seharusnya Desa Bunga Tanjung. Jadi penungunaan ejaan yang tidak tepat ditunjukkan oleh nomor (1).
Jawaban:D
47.  Kata oh merupakan jenis kata seru yang menyatakan rasa yakin, kecewa, atau haru. Oleh karena itu, setelah kata oh harusnya diakhiri dengan tanda koma (,) bukan titik koma (;)
Jawaban:A
48.  Kalimat yang ejaan benar adalah Kemarin Gina berlibur bersama Hani dan Riska ke Surabaya. Huruf kapital dipakai untuk nama orang ( Gina, Hani, Riska) dan nama tempat (Surabaya).
Jawaban:A
49.  Tanda baca garis miring (/) menunjukkan makna pilihan yang berarti atau. Kalimat tersebut menunjukkan rincian benda sehingga tanda baca yang diperlukan adalah koma (,). Perbaikan kalimat yang tepat adalah Winda mengolah pisang, telur, dan, tepung menjadi kue tradisional.
Jawaban:A
50.  Penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut salah karena Tanda titik (.) digunakan pada akhir kalimat. Kata tolong pada awal kalimat menunjukkan bahwa kalimat itu berbentuk kalimat perintah. Jadi seharusnya tanda titik (.) diganti menjadi tanda seru (!).
Jawaban:D



Diadaptasi dari buku UN dan internet 

Comments

Popular posts from this blog

PTS SEJARAH INDONESIA SEM 1 KELAS 11

  Dalam bidang politik Belanda melakukan kebijakan yang ketat dan menindas dengan menjalankan politik....   * Demokrasi Gotong -royong Devide Et Impera Penjajahan Damai Setiap prefektur diangkat seorang pejabat kepala Pemerintahan yang disebut..  * Kepala Negara Bupati Camat Lurah Prefek Regentschap dikepalai oleh seorang regent yang berasal dari...  * Kaum pribumi Pedagang Orang Eropa Orang Belanda Kalangan miskin Status bupati sampai camat sepenuhnya menjadi pegawai negeri baru terwujud setelah diterapkan sistem....  * Politik Etis Tanam Paksa Kerja Rodi Absolut Diktator Dalam struktur pemerintahan Kolonial dikenal adanya penguasa tertinggi yaitu..  * Camat Bupati Lurah Presiden Gubernur Jendral Raad van Indie merupakan lembaga di tingkat pusat yang mempunyai peran..  * Dewan Gubernur Dewan Penasehat Asisten Residen Residen Bupati Asisten Residen ini mengepalai suatu wilayah bagian dari karesidenan yang dinamakan....  * Controler Prefek . Residen Afdeling Presiden Sekolah yang mengha

Resume buku Bintang Tere Liye

Nama      : Tahniah tasyirifiah                                       Judul       : bintang                                           Tanggal : selasa, 19- desember-2017 Penerbit : gramedia pustaka utama                                         Penulis    : tere liye Halaman : 380 Kami bertiga teman yang baik. Remaja, murid kelas 11. Penampilan kami sama seperti murid SMA lainnya. Tapi kami menyimpan rahasia besar. Namaku Raib, aku bisa menghilang. Seli, teman se meja ku, bisa mengeluarkan petir dari telapak tanngannya. Dan ali si biang kerok sekaligus si genius, bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami hidup di klan bumi, namun aku Bersama teman- temanku sudah pernah mengunjungi klan bulan, dan juga klan matahari. Tidak lama ini kami juga sempat   mengunjungi klan bintang, kami pergi dengan cara yang dilarang dan menjadi buronan sekertaris dewan kota Zaramaraz, karena kami sempat mengetahui rencananya yang akan mer

LATIHAN SOAL BAHASA INONESIA UN SMP

      Membaca Nonsastra Ø   Peserta didik dapat menentukan kata atau kalimat pada teks 1.       Cermati kalimat dibawah ini! Beberapa bulan lagi murid kelas 9 akan menjalan UNBK yaitu ujian nasional berbasis komputer. Serangkain persiapan pun dijalani oleh murid kelas 9. Contohnya simulasi UNBK. Makna dari kata bercetak miring tersebut adalah…. A.       Mencoba                                                    C. Memperagakan B.       Menghitung                                               D. Mengantisipasi   Ø   Peserta didik dapat menentukan informasi tersurat teks 2.       Bacalah teks dibawah ini! Rokok adalah benda yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan dengan memberikan candu kepada orang yang menikmatinya. Rokok mempunyai rupa silinder dari kertas berukuran panjang, berisi daun tembakau yang telah di cacah. Rokok biasanya dijual disertai dengan pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan akibat merokok. Informasi