Membaca Nonsastra
Ø Peserta
didik dapat menentukan kata atau kalimat pada teks
1. Cermati kalimat dibawah ini!
Beberapa
bulan lagi murid kelas 9 akan menjalan UNBK yaitu ujian nasional berbasis
komputer. Serangkain persiapan pun dijalani oleh murid kelas 9. Contohnya simulasi UNBK.
Makna
dari kata bercetak miring tersebut adalah….
A. Mencoba C.
Memperagakan
B. Menghitung
D.
Mengantisipasi
Ø Peserta
didik dapat menentukan informasi tersurat teks
2. Bacalah teks dibawah ini!
Rokok
adalah benda yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan dengan
memberikan candu kepada orang yang menikmatinya. Rokok mempunyai rupa silinder
dari kertas berukuran panjang, berisi daun tembakau yang telah di cacah. Rokok
biasanya dijual disertai dengan pesan kesehatan yang memperingatkan perokok
akan bahaya kesehatan akibat merokok.
Informasi
yang tersurat dari teks tersebut adalah…
B. Orang
yang kebiasaan merokok akan kecanduan dan susah berhenti
C. Orang
yang merokok akan selalu rileks dan nyaman
D. Kebiasaan
merokok dapat merugikan kesehatan
Ø Peserta
didik dapat menentukan bagian teks
3. Bacalah Teks Deskripsi dibawah ini!
Tumbuhan
ini tersusun dari buah (kelapa), batang, akar dan pelepah. Buah tumbuhan ini
(kelapa) sendiri terdiri dari daging buah, kulit daging, tempurung buah, sabut,
hingga kulir luar kelapa, selain itu kelapa juga mengandung air ditengah
buahnya. Pohon ini dapat dengan mudah kita temukan pada negara dengan iklim
tropis seperti Indonesia.
Teks
diatas merupakan teks deskripsi bagian…..
A. Identifikasi C. simpulan
B. Deskripsi
bagian D. Kesan
Ø Peserta
didik dapat menentukan ide pokok teks
4. Cermati paragraf berikut!
Menjadi filatelis
atau pengumpul prangko
sudah dianggap kuno.
Di tengah kemajuan
teknologi, banyak pilihan
untuk menikmati hobi
dan hiburan. Ada hobi game online, fashion, beternak, dll.
Mengumpulkan prangko dan benda-benda pos lainnya agaknya mulai
ditinggalkan orang.
Ide
pokok bacaan di atas adalah ... .
A.
hobi orang masa sekarang
C. banyak
pilihan untuk menikmati
hobi dan hiburan
D. jenis-jenis hobi
Ø Peserta
didik dapat menyimpulkan isi teks
5. Bacalah paragraf berikut!
Pada
umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan
tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau
batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun,
untuk membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air
hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu.
Simpulan
paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A.
Penyakit tenggorokan disebabkan kebanyakan oleh virus.
B.
Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat.
C.
Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan.
D.
Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon.
Ø Peserta
didik dapat menyimpulkan pendapat pro
atau kontra dalam teks
6.
Cermati
paragraf di bawah ini!
(1)
Banyak sekolah melarang siswanya membawa telepon seluler ke sekolah. (2)
Sebagian besar menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah dapat memengaruhi
konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran. (3) Hal itu memang benar, ketika
telepon berdering di kelas, maka kegiatan pembelajaran akan terganggu. (4)
Meskipun begitu ada beberapa sekolah yang tidak sepakat dengan pernyataan
tersebut.
Kalimat
yang menyatakan pesetujuan pada teks tersebut adalah ....
A.
(1) C.
(3)
B.
(2) D.
(4)
Ø Peserta
didik dapat meringkas isi teks
7. Perhatikan teks berikut!
Pemimpin
adalah sosok yang menjadi panutan. Dia akan menentukan merah hitamnya wilayah
yang dipimpinnya. Oleh karena itu, pemimpin yang baik sangat diperlukan.
Seorang
pemimpin yang baik ditandai oleh dimilikinya jiwa kepemimpinan. Jiwa itu
diwujudkan dalam sikap bijaksana, jujur, mengayomi, rela berkorban, dan tanpa
pamrih.
Ringkasan
teks tersebut adalah ...
A.
Keberadaan sosok pimpinan baik sangat diperlukan.
B.
Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan.
C.
Pemimpin menentukan hitam merahnya wilayah yang dipimpin.
D.
Jiwa pemimpin harus tampak dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Peserta
didik dapat membandingkan penggunaan Bahasa dan pola penyajian beberapa jenis
teks
8. Cermati teks dibawah ini!
Teks
Berita 1
Kasat
Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang
hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun
baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak
pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel,
penginapan, dan warga setempat.
Teks
Berita 2
menghindari
kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif.
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak
Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan
dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.
Perbedaan
penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
A.
teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
B.
teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
C.
teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
D.
teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.
Ø Peserta
didik dapat menilai keunggulan atau kelemahan teks
9. Bacalah kutipan reserensi berikut!
(1)
Buku yang berjudul “Memahami film” karya Himawan mencoba untuk membantu
penonton membaca sebuah film yang menjadi sebuah seni. (2)Dengan buku ini,
pembaca dapat belajar mengenai motif atas pilihan sutradara.(3) Buku ini dapat
memberi contoh dari semua unsur pembentukan film. (4) Tapi buku ini sulit untuk
dicari.
Kekurangan
buku ini terdapat pada nomer…..
A. (1) C.(3)
B. (2) D(4)
Ø Peserta
didik dapat mengomentari isi teks
10. Bacalah teks dibawah ini!
Di
suatu hutan yang lebat hidup berbagai binatang buas dan jinak. Ada kelinci,
burung, kucing, capung, kupu-kupu, dan yang lainnya. Pada suatu hari hutan dilanda
badai dahsyat. Angin yang bertiup sangat kencang menerpa pohon dan dedaunan.
“Krak”
terdengar bunyi dahan-dahan patah. Banyak hewan yang tidak dapat menyelamatkan
diri, kecuali semut berlindung di dalam tanah. Badai baru berhenti ketika pagi
menjelang. Matahari kembali bersinar.
Tiba-tiba
dari dalam tanah muncul seekor semut. Si semut berlindung dari badai karena ia
bisa masuk ke sarangnya di dalam tanah. Ketika sedang berjalan, ia melihat
seekor kepompong yang tergeletak di dahan yang patah. “Hmm, alangkah tidak
enaknya menjadi kepompong, terkurung dan tidak bisa ke mana-mana,” kata semut.
Komentar
terhadap isi teks tersebut yang tepat adalah ...
A.
Kelinci, burung, dan kucing celaka karena kecerobohannya.
B.
Semut binatang kecil yang berkekuaran luar biasa.
C.
Kepompong binatang malang yang bernasib sial.
Membaca sastra
Ø Peserta
didik dapat menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
11.
Bacalah teks berikut!
Biasanya
saya memulai perjalanan dengan jalan tikus.
Saya tidak melewati jalan yang sebenarnya. Makna kata yang bercetak miring pada
teks di atas adalah ...
B.
jalan raya atau jalan besar
C.
jalan persembunyian tikus
D.
tempat tikus berjalan
Ø Peserta
didik dapat menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
12. Bacalah kutipan fabel berikut!
Matahari
mulai tenggelam, anak katak yang nakal itu tidak juga pulang. Ibu katak sangat
khawatir. Ia kemudian mencari anak katak. Ternyata anak katak masih asyik
bermain dengan teman-temannya. Ibu katak mengajak anaknya pulang. Dengan berat
hati, katak menyudahi dan mengikuti ibunya pulang.
Kata
‘matahari yang mulai tenggelam” tersebut mengandung makna …
A.
Hari hampir sore C.
Hari hampir malam
B.
Hari hampir siang D.
Hari hamper pagi
Ø Peserta
didik dapat Menentukan bagian cerpen dan fabel
13. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Aku
bersyukur kepada Tuhan karena dia telah berubah. Aku pun memaafkannya, meskipun
sampai saat ini aku belum bertemu dia lagi. Aku berharap suatu hari nanti kami
akan menjalin persahabatan lagi.
Penggalan
cerpen di atas merupakan bagian ….
A.
Krisis C.
Orientasi
B.
Resolusi D.
Komplikasi
Ø Peserta
didik dapat menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
14. Bacalah
kutipan cerita berikut!
Aku
mempunyai pengalaman yang menyayat hati. Pas pulang sekolah. Kulihat bendera
kuning sepanjang jalan. Ternyata bendera kuning itu dari rumahku. Setiap
mengingat pengalaman ini selalu berurai air mata. Pengalaman itu kualami
beberapa bulan yang lalu. Aku ditinggalkan pergi oleh adik kesayanganku.
Makna
simbol bendera kuning dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
A.
orang meninggal C.
Orang hilang
B.
orang sakit D.
Orang pergi
Ø Peserta
didik dapat menyimpulkan isi tersirat dari cerpen dan fabel
15. Cermati cerpen dibawah ini!
Ayah
mengamati saya dari atas ke bawah. Ia bangun dan menjangkau tangan kananku.
Katanya:
“Untuk
apa bunga ini, heh.”
Aku
tidak tahu alasannya yakni apa, telah mengasihi bunga ditangan ku ini.
Ayah
meraih. Merenggutnya dari tanganku. Kulihat bungkah otot tangan ayah
menggenggam bunga kecil-kecil itu. Aku menahan untuk tidak berteriak.
“Laki-laki
tidak perlu bunga, Buyung. Kalau perempuan, bolehlah. Tetapi engkau laki-laki.”
Ayah
melemparkan bunga itu. Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku
membungkuk, mengambil bunga itu, membawanya ke kamar.
isi
tersirat kutipan cerpen tersebut yakni . . .
A.
Ayah tidak ingin Buyung mempunyai sifat lembut menyerupai perempuan.
B.
Ayah tidak ingin anaknya menyukai bunga menyerupai dia.
C.
Ayah tidak ingin bila bunga itu dipetik.
D.
Ayah ingin bunga itu sebagai hiasan di taman.
Ø Peserta
didik dapat menyimpulkan sebab atau akibat konflik
16. Cermati kutipan cerpen berikut!
“Ika lihatlah batang pohon kenari yang tumbuh
subur itu! Buahnya begitu lebat.Namun, batangnya tak seindah buahnya yang
mulus. Batangnya penuh dengan cacahan dan coretan nama,” kata Iwan.
“Perbuatan mencoreti pohon itu turut mencemari
lingkungan, termasuk dalam tindakan vandalisme atau pengrusakan” Kata Ika .
“Ibu
bangga dengan kalian kalian tidak hanya tahu, tetapi sepanjang perjalanan
kalian tidak melakukan vandalisme. Jadi tetaplah menjaga alam ini dengan baik,”
kata Bu Ira.
Penyabab
konflik dalam cerita di atas adalah….
A. Pohon
kenari tidak bisa berbuah lebat
C. Perusakan
hutan alam
D. Hutan
menjadi sering ditebangi
Ø Peserta
didik dapat membandingkan pola pengembangan cerpen atau fabel
17. Bacalah teks berikut!
Teks 1
“Chendy,Chendy,bangun
nak!”Teriak Bu Sulyem dari kamar. Ketika tidak ada jawaban Bu Sulyem terkejut. “Hah! badanmu panas sekali cepat
bangun. Kita langsung ke dokter saja.” Seisi rumah menjadi heboh ayah,
Mahendra, Kakak Cendy, dan Diki supir keluarga ikut panik.
Teks 2
Gunung
Marbela sudah lama tidak menunjukkan aktivitasnya. Gunung ini dijadikan objek
wisata oleh masyarakat sekitarnya. Selain pemandangan indah, di Gunung
Marbel juga tumbuh bunga langkah yang
hanya tumbuh di Gunung Marbel. Tidak mengherankan bila liburan, banyak
wisatawan yang berkunjung kesana.
Perbedaan
pola pengembangan kedua teks tersebut adalah...
A. Teks
1 dimulai dengan lokasi, teks 2 dimulai dengan aksi
B. Teks
1 dimulai dengan aksi, teks 2 dimulai dengan lokasi
C. Teks
1 dimulai dengan garis besar masalah, teks 2 dimulai dengan aksi
D. Teks
1 dimulai dengan lokasi, teks 2 dimulai dengan garis besar masalah
Ø Peserta
didik dapat membandingkan penggunaan cerpen atau fabel
18. Cermati kutipan- kutipan teks dibawah ini!
Teks 1
Di
sebuah telaga di daerah Kalimantan Barat, tersebutlah Pak Tupai bersahabat
dengan Pak Ikan Gabus. Pada suatu hari, Pak Ikan Gabus jatuh sakit. Badannya
sangat lemah.
Teks 2
Di
hutan yang rindang, hidup seekor Anak Landak yang kesepian. Si Landak tak punya
banyak teman, tapi ia memiliki seorang sahabat yaitu Si kura- kura.
Perbedaan
penggunaan Bahasa pada kedua kutipan teks diatas adalah….
A. Teks
1: kalimat langsung
Teks 2: kalimat tak langsung
B. Teks
1:Kalimat tak langsung
Teks 2: kalimat langsung
C. Teks
1: kata sapaan
Teks 2: kata sandang
D. Teks
1: kata sandang
Teks 2: kata sapaan
Ø Peserta
didik dapat menunjukkan bukti latar dan watak tokoh dalam cerpen atau fabel
19. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan
saksama!
Dengan
memberanikan diri, aku pun bertanya, "Apa Ibu kenal dengan seorang anak
bernama Eric yang dulu tinggal di sana itu?" Ia menjawab, "Silakan
masuk, Nyonya! Kalau Anda ibunya Eric, sungguh Anda tak punya hati!”. Ia
membuka pintu tempat tinggalnya. (1)
"Tolong
katakan, di mana ia sekarang? Saya janji menyayanginya dan tidak akan
meninggalkannya lagi!” (2)
Aku
berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah
terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Jasadnya
ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata. (3)
”Eric...
maafkan Ibu, Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu
kutinggalkan. (4)
Bukti
latar tempat pada kutipan cerpen tersebut ditandai nomor ...
A.
(1) C.(3)
B.
(2) D.(4)
Ø Peserta
didik dapat mengomentari unsur intrinsik karya sastra
20. Perhatikan kutippan teks di bawah
ini!
Tiba-tiba
dalam kolam muncul sebuah kepala yang melenggak-lenggok seperti sedang mencari
sesuatu. Kadal mendekati mahluk itu dan dia sedikit kaget ternyata ada seekor
ular air. Ular air mengajak sang Kadal untuk berpetualang menyeberangi kolam,
tetapi sang Kadal merasa takut.
Komentar
yang tepat sesuai isi kutipan teks tersebut adalah ...
A.
Ular jangan memengaruhi kadal yang takut.
B.
Kadal harus mencoba hal baru dengan belajar.
C.
Ular dan kadal jangan mencoba hal yang berbahaya.
D.
Ular dan kadal hidup di sungai yang deras.
Menulis terbatas
Ø Peserta
didik dapat melengkapi istilah atau kata dalam kalimat
21. Perhatikan kalimat berikut!
Persoalan
[...] tidak sepenuhnya bisa dikendalikan dengan pestisida.
Kata
yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
A.
Benih C.
Irigasi
B.
Hama D.
Panen
Ø Peserta
didik dapat menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
22. Urutkan kalimat berikut dengan benar!
(1) Lidah
buaya memiliki ciri- ciri, yaitu daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna
hijau
(2) Daunnya
mengandung serat bening seperti daging
(3) Manfaat
tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut,
namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
(4) Sejak
zaman dahulu, nenek moyang kita telah mengenal tanaman lidah buaya lengkap
dengan manfaatnya
Urutan
kalimat berikut untuk menjadi paragraf yang baik adalah….
A. 1,2,3,4 C. 4,3,2,1
B. 1,2,4,3 D. 4,3,1,2
Ø Peserta
didik dapat melengkapi paragraf dengan kalimat
23. Bacalah paragraf berikut!
Kelurahan
Bibi Ani terletak di sebuah lereng gunung yang sangat subur. Jarak tempat
tinggal Bibi Ani dengan puncak gunung itu hanya sekitar 8 kilometer. Dari
puncak gunung ini kita bisa memandang hamparan sawah yang padinya telah siap
panen (….)Rumah penduduk yang dikelilingi oleh pepohonan yang menghijau membuat
suasana menyenangkan. Aku rasanya ingin tinggal lama dengan Bibi Ani.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah….
A. Sungai
disekitar prgunungan itu sering menyebabkan banjir
B. Sungai
yang ada di sekitar pegunungan itu sangat dalam
C. Sungai
di dekat gunung itu sangat kotor
D. Sungai
di kaki gunung itu berkelok- kelok menyisir kaki gunung
Ø Peserta
didik dapat melengkapi bagian teks ( Eksposisi, Deskripsi, Ulasan, dan lain-
lain)
24. Perhatikan teks ulasan berikut!
Aspek
menarik patut dicatat adalah kesadaran Raditya Dika plot film sebagai entitas
berbeda dan merdeka dari jajahan sumber adaptasinya.(….)Bahkan, demi menjaga
keutuhan plot, Dika memngupas cerita sampai tataran karakteristiknya. Grup
detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara di
buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun berbeda.
Ada
kreaativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung – menyambung menjadi
satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks ulasan tersebut adalah….
A. Semua
unsur canda dalam buku karya Dika tetap dimasukkan dalam film agar keutuhan
cerita tiga babak utuh.
B. Dika
memisahkan beberapa bagian dalam buku yang kurang menarik agar tidak dimasukkan
dalam film
C. Dika
ingin semua bagian dalam buku dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot
cerita tiga babak utuh.
D. Dika
merelakan beberapa bagian dalam buku tidak dimasukkan dalam film agar keutuhan
plot cerita terjaga
Ø Peserta
didik dapat memvariasikan kata
25. Perhatikan paragraf berikut!
Aku
bisa mengerti mengapa hari itu ayah begitu marah, mungkin harga dirinya mulai
terusik karena mencari nafkahh adalah tugasnya. Sebagai kepala keluarga, ayah
tak sanggung menanggung malu.
Variasi
kata yang tepat untuk menggantikan kata marah adalah…
A. Naik
darah C.
Banting tulang
B. Darah
biru D.
Makan garam
Ø Peserta
didik dapat memvariasikan kalimat
26. Perhatikan kalimat berikut!
Apabila
kamu berusaha dengan sungguh- sungguh, semua impianmu akan segera tercapai.
Kalimat
yang berpola sama dengan kalimat tersebut adalah….
A. Ketika
aku ingin menekuni bidang ini, orang tuaku mendukung
B. Siti
memiliki saudara kembar yang berusia 3 menit darinya
C. Keinginan
Rinda lebih kuat dari keinginan orangtuanya
D. Kemarin
aku membelikan mainan baru sesuai dengan pintanya
Ø Peserta
didik dapat menulis dengan ilustrasi tertentu
27. Cermati ilustrasi berikut!
Ruang
Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) adalah konsep ruang public terbuka hijau
dilengkapi dengan permainan menarik, pengawasan CCTV, dan ruang- ruangan.
RPTRA melayani kepentingan masyarakat
yang ada yang ada di sekitarnya, seperti ruang perpustakaan, PKK Mart, ruang
laktasi, dan lainnya
Teks laporan yang sesuai
dengan ilustrasi tersebut adalah….
A. Ruang
Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) adalah
konsep ruang publik terbuka hijau dilengkapi dengan permainan menarik,
pengawasan CCTV, dan ruang- ruangan. RPTRA
melayani kepentingan masyarakat yang ada yang ada di sekitarnya, seperti
ruang perpustakaan, PKK Mart, ruang laktasi, dan lainnya.
B. Ruang
Publik Terpadu Ramah Anak atau juga dikenal dengan singkatan RPTRA adalah
konsep ruang publik berupa ruang terbuka hijau atau taman yang dilengkapi
dengan berbagai permainan menarik, pengawasan CCTV, dan ruangan- ruangan yang
melayani kepentingan masyarakat yang ada di sekitar RPTRA tersebut, seperti
ruang perpustakaan, PK Mart, ruang laktasi, dan lainnya.
C. RPTRA
sangat bagus untuk perkembangan otak anak karena semua anggota badan dan
pikirannya bekerja dengan baik. Anak lebih bebas mengekspresikan dirinya
melalui permainan- permainan yang ada.
D. RPTRA
memberikan solusi yang baik untuk anak – anak yang tinggal di daerah perkotaan.
Anak- anak yang orang tuanya mempunyai kesibukan padat dan bisa datang dengan
tenang memasukkan anaknya ke RPTRA.
Ø Peserta
didik dapat mengubah teks ke bentuk lain
28. Bacalah teks berikut!
Benarkah
semua wan berada di langit? Sesungguhnya, tidak semua awan berada di langit.
Ada juga awan yang menyentuh permukaan bumi. Awan yang menyentuh permukaan bumi
disebut mega atau halimun. Udara mengandung zat lengas yang berlebihan. Zat
lengas itu berubah menjadi tetes air memutih. Tetes air yang memutih itu disebut
awan
Teks
tersebut diunggapkan kembali menggunakan teks yan sepadan menjadi….
B. Udara
mengandung awan putih yang berserakan di awan yang menyebabkan tetes air hujan.
C. Zat
lengas itu akan berubah menjadi tetes- tetes air kecil yang memutih disebut
awan
D. Sesungguhnya,
tidak semua awan tidak semua berada di langit. Ada juga awan yang menyentuh
permukaan bumi.
Menyunting kata, kalimat, paragraf
Ø Peserta
didik dapat menunjukkan kata yang sesuai
kaidah
29.
Ø Peserta
didik dapat menunjukkan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah
30. Perhatikan kalimat berikut!
Weni sedang melegalisir ijazah di
kantor TU.
Kata
yang penulisannya tidak sesuai dengan kaidah baku adalah…
A. Melegalisir
C. di kantor
B. Ijazah D.
TU
Ø Peserta
didik dapat menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah
31. Perhatikan kalimat di bawah ini!
Komputer … bagi kehidupan manusia.
Salah salah satunya dalah menulis.
Kata
bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat diatas adalah…
A. Memanfaatkan C. Dimanfaatkan
B. Pemmanfaatan
D. Bermanfaat
Ø Peserta
didik dapat menggunakan konjungsi dalam kalimat
32. Perhatikan kalimat di bawah ini!
Disiplin
menjadi permasalahan di lingkungan sekolah […] banyak siswa yang sering
terlambat.
Kata
hubung yang tepat untuk melengkapi titik- titik tersebut adalah…
A. Sehingga C.Jadi
B. Karena
D.Kalau
Ø Peserta
didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan
paragraf
33. Cermati kalimat di bawah ini!
Fira membeli oleh- oleh kepada
bibinya yang tinggal ke luar kota.
Kalimat
di atas dapat diperbaiki dengan cara….
A.
Mengganti kata kepada dan ke
B. Mengganti
kata membeli dan kepada
C.
Mengganti kata bibinya dan tinggal
D.
Mengganti kata oleh- oleh dan yang
Ø Peserta
didik dapat menentukan alas an kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf
34. Cermati kalimat di bawah ini!
Bambang
Pamungkas masuk dalam team sepak bola
nasional.
Kata
team pada pada kalimat diatas
seharusnya diganti karena….
A. Bukan
kata penghubung C. Penulisannya tidak
baku
B. Tidak
ditulis capital D.
Diletakkan di tengah
Menyunting ejaan dan tanda baca
Ø Peserta
didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
35. Perhatikan paragraf berikut!
Untuk
memudahkan pembelian obat, sebaiknya kita pergi ke (1) apotik, karena begitu kita menyerahkan resep obat, mereka segera
mengambilnya.perlu diketahui, resep obat yang dibuat oleh dokter tidak dapat
(2) dirubah, kecuali ada persetujuan
dokter. Itulah sebabnya sebelum kita membeli obat, sebaiknya kita ke dokter,
disarming mengetahui (3) teori
tentang obat, dia juga dapat memberi (4) nasihat
tentang penggunaan obat.
Penulisan
kata ejaan yang salah ditunjukkan oleh nomor….
A. (1)
dan (3) C. (2) dan
(3)
B. (1)
dan (2) D. (3) dan
(4)
Ø Peserta
didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
36.
Cermati
kalimat berikut!
Orang
utan biasanya mengonsumsi : buah- buhan, biji- bijian, dan daun- daunan.
Penggunaan
tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah….
A. Titik
(.) C. Hubung
(-)
B. Koma
(,) D. Titik
dua (:)
Ø Peserta
didik dapat menggunakan ejaan
37. Perhatikan kalimat- kalimat berikut!
(1) Ibu
membawa oleh- oleh asinan Bogor kesukaanku
(2) Mohammad
Hatta di makamkan di Tanah Kusir, Kemayoran Lama, Jakarta
(3) Sesuai
aturan, pertahana yang cuti harus mengembalikan pasilitas negara
Penggunaan
ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai oleh nomor…
A. (1) C. (3)
B. (2) D. (4)
Ø Peserta
didik dapat menggunakan tanda baca
38. Bacalah kutpan teks berikut!
A. Tanda
koma (,) setelah ajakan itu
B. Tanda
koma(,) setelah tanah longsor
C. Tanda
titik koma (;)setelah ajakan itu
D. Tanda
titik dua(:) setelah tanah longsor
Ø Peserta
didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
39. Perhatikan kalimat berikut!
Cut
Nyak dien dikenal sebagai salah satu pahlawan wanita yang berjuang melawan
penjajahan masa perang belanda pada perang aceh.
Perbaikan
ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah….
A. Cut
Nyak Dien dikenal sebagai salah satu pahlawan wanita yang berjuang melawan
Penjajahan Belanda pada Perang Aceh.
B. Cut
Nyak dien dikenal sebagai salah satu pahlawan wanita yang berjuang melawan
penjajahan masa perang belanda pada Perang Aceh.
D. Cut
Nyak dien dikenal sebagai salah satu pahlawan wanita yang berjuang melawan
penjajahan masa perang belanda pada perang Aceh.
Ø Memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca
40. Cermati kalimat berikut!
Besok
pagi kata dia meraka akan berangkat.
Perbaikan
tanda baca yang tepat kalimat di atas adalah…
A. “
Besok pagi kata dia mereka akan
berangkat.”
C.
“Besok pagi,” kata dia,”Mereka akan
berangkat.”
D.
“Besok pagi,” kata dia,”Mereka akan
berangkat.”
Ø Peserta
didik dapat menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
41. Perhatikan kalimat berikut!
“Ketika
sekolah SD kau pernah pulang ke kampung dan kita Bersama- sama satu kelas pula!” katanya
melanjutkan.
Alasan
ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah….
A. Tanda
(.) setelah melanjutkan tidak di perlukan.
B. Tanda
seru (!) tidak tepat digunakan, seharusnya tanda tanya(?)
C. Tanda
petik (“) setelah kata pula tidak tepat penggunaannya.
D. Tanda
seru (!) tidak tepat digunakan karena bukan kalimat perintah
Tambahan soal
Ø Peserta
didik dapat menyimpulkan pendapat pro atau kontra dalam teks.
42. Perhatikan paragraf di bawah ini!
(1)
Ujian Nasional menjadi pengukur kemampuan siswa selama tiga tahun.(2) Siswa pun
menyetujui hal tersebut.(3)Tetapi beberapa siswa juga ada yang kurang
menyetujui hal tersebut dengan alasan tertentu. (4) Formula terbaik masih
diusahakan oleh berbagai pihak untuk menemukan jawaban terbaik.
Kalimat
yang menyatakan penolakan pada teks tersebut adalah….
A. (1) C.(3)
B. (2) D.(4)
Ø Peserta
didik dapat membandingkan penggunaan
Bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
43. Perhatikan kedua teks di bawah ini!
Teks
1
Lima
penumpang tewas dan 210 luka-luka dalam kecelakaan Kereta Api Ekonomi Bengawan
jurusan Solo – Tanah Abang. Peristiwa naas itu terjadi Selasa (16/1) pukul
00.06. Akibatnya, perjalanan kereta lintas selatan terganggu.
Teks
2
Terjadi
kecelakaan Kereta Api Ekonomi Bengawan jurusan Solo – Tanah Abang di Dusun
Gununglurah, Rancamaya, Banyumas. Peristiwa itu menelan korban 5 penumpang
tewas dan lebih 100 orang luka-luka. Peristiwa naas itu terjadi Selasa (16/1)
dini hari.
Perbedaan
penyajian kedua teks berita di atas adalah . . . .
A.
Teks 1: berapa – bagaimana – kapan, Teks 2: apa – kapan – berapa
B.
Teks 1: berapa – apa – bagaimana, Teks 2: apa – di mana – kapan
C.
Teks 1: apa – berapa – kapan, Teks 2: bagaimana – kapan – berapa
Ø Peserta
didik dapat menilai keunggulan atau kelemahan teks
(1) Buku yang berjudul “Memahami
film” karya Himawan mencoba untuk membantu penonton membaca sebuah film yang
menjadi sebuah seni. (2)Dengan buku ini, pembaca dapat belajar mengenai motif
atas pilihan sutradara.(3) Buku ini dapat memberi contoh dari semua unsur
pembentukan film. (4) Tapi buku ini hanya dijual di beberapa tempat tertentu,
sehingga sulit dicari.
Kekurangan buku ini terdapat pada
nomor…..
A.
(1) C.(3)
B.
(2) D.(4)
Ø Peserta
didik dapat menggunakan konjungsi dalam kalimat
45. Perhatikan kalimat d ibawah ini!
Pada
hari Pendidikan Nasional, baik guru […] siswa wajib mengikuti upacara bendera
di sekolah.
Kata
penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
A. Maupun C. Walaupun
B. Meskipun
D. Kapanpun
Ø Peserta
didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
46. Bacalah teks dibawah ini!
(1)
Alkisah di desa bunga tanjung ada seorang perempuan tua yang mempunyai huma.(2)
Humanya tidak begitu luas.(3) Putri tunggal nama perempuan itu. (4)Ia mempunyai
tiga orang anak.
Penggunaan
ejaan yang tidak tepat pada teks tersebut adalah…
A. (4) C.(2)
B. (3) D.(1)
Ø Peserta
didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
47. Perhatikan kalimat dibawah ini!
Oh;
kamu suka makan jeruk, apel, dan manga.
Penggunaan
tanda baca yang tidak tepat pada kalimat di atas adalah….
A.
Tanda titik koma (;) setelah kata oh
B.
Tanda koma (,) setelah kata jeruk
C.
Tanda koma (,) setelah kata apel
D.
Tanda titik (.) setelah kata mangga
Ø Peserta
didik dapat menggunakan ejaan
48. Cermati kalimat- kalimat di bawah
ini!
Kalimat
berikut ini yang menggunakan ejaan yang benar adalah….
B. Kemarin
Gina berlibur bersama Hani dan Riska kesurabaya
C. Kemarin
gina berlibur bersama hani dan riska ke Surabaya
D. Kemarin
gina berlibur bersama hani dan riska keSurabaya
Ø Peserta
didik dapat memperbaiki kesalahann penggunaan tanda baca
49. Perhatikan kalimat berikut!
Winda mengolah pisang/telur/dan
tepung menjadi kue tradisional.
Perbaikan
penggunaan tanda baca pada kalimat di atas yang benar adalah….
B. Winda
mengolah pisang-telur-dan- tepung menjadi kue tradisional.
C. Winda
mengolah pisang; telur;dan tepung menjadi kue tradisional.
D. Winda:
mengolah pisang, telur, dan tepung menjadi kue tradisional.
Ø Peserta
didik dapat menentukan alasan kesalahan penggunaan tanda baca
50. Bacalah kalimat berikut!
Fika
berkata “ Tolong rawat ayam, kucing, dan burung ini.”
Penggunaan
tanda baca pada kalimat di atas salah karena….
A. Tanda
koma (,) setelah kata berkata.
B. Tanda
kutip (“) pada bagian tengah akhir
C. Tanda
koma (,) digunakan pada kata ayam dan kucing
Comments
Post a Comment